B Berita

img

Pengorbanan untuk Membantu Sesama

, Berita

Bagaimana suasana Idul Adha 1438 H di sekitar Anda? Tambah ramai dibanding Lebaran haji tahun sebelumnya atau malah sepi seperti jalanan di Kota Palembang usai Shalat Id? Atau sesepi pengajian dengan jumlah kehadiran tidak maksimal karena butuh solusi?


Jumat (1/9) kami berkeliling mulai dari Seberang Ulu I (SU I), rencananya pagi pukul 08.00 sudah mulai pemotongan hewan kurban oleh DewanPengurus Cabang (DPC) PKS SU Idi Jalan Bungaran 1. Ternyata Jembatan Ampera ditutup sejak pukul 06.00 hingga selesai, ketika kami lewat sekitar pukul 09.00, tidak ketemu akhirnya menuju lokasi pemotongan sapi DPC PKS Bukit Kecil di halaman Mushalla An Nur, Rumah Susun. Kemudian ke lokasi pemotongan tiga ekor sapi di halaman Sekretariat Dewan Pengurus Wilayah PKS Sumatera Selatan.


Sabtu (2/9) giliran Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Palembang yang akan memotong tiga sapi dan enam kambing di salah satu sudut kota. Sempat “terkacar-kacar” kemudian salah lokasi hingga nyaris tiga kali, berbekal potongan informasi: Nurul Aqiqah dan Lubuk Bakung.


Dikira Lubuk Bakung tempat pelantikan Dewan Pengurus Ranting PKS Siring Agung, Kecamatan Ilir Barat I, “Kok, ramai betul dengan hewan kurban yang tidak sedikit tapi tanpa atribut PKS?” Ternyata warga disana yang menyelenggarakan kurban.


Sedangkan lokasi Nurul Aqiqah ternyata bukan yang di Pakjo, tetapi Nurul Farm, yang butuh keyakinan kuat bahwa di lokasi yang sunyi serta jauh dengan jalan yang belum rata juga gersang karena panas dan debu.


Sudah ada Bendahara DPD PKS Palembang Eka Erfanie yang sedang negosiasi kurban kambing, karena hewan yang sudah dipilihnya kemarin, hari ini sedang tidak enak badan alias sakit.


Minggu (3/9) DPC PKS Ilir Barat I bersama organisasi keislaman memotong tiga sapi di Jalan Irigasi (bukan di Pakjo ujung) yang lebih mirip lorong di Tanjung Barangan. Nyaris sekitar 100 warga berpartisipasi disini, mulai dari anak-anak hingga emak-emak yang menyiapkan masakan pindang tulang, usai pemotongan hingga sebelum Zuhur.


Pengorbanan untuk Membantu Sesama


Bulan ini pula kita mesti kembali berduka karena krisis di Rakhine. Etnis Rohingya di Myanmar mengalami penindasan dan terusir dari negerinya.


Di tengah berita hoax yang beredar, tetap ada jurnalis yang mengirim fakta sesungguhnya. Kebusukan yang coba ditutup-tutupi akhirnya tercium juga, mayoritas muslim Rohingya mengalami percobaan pembasmian etnis (genosida). Setiap muslim adalah batubata bangunan. Jika batubatanya remuk atau pecah, maka akan jadi celah bagi orang lain untuk meruntuhkan.


Kader pun ikut memberi infak, mengikuti aksi penggalangan dana di Bundaran Air Mancur, usai shalat Jumat (8/9) dan Sabtu (9/9) malam amal Tabligh Akbar Sumsel di Pelataran Benteng Kuto Besak. Teringat pada tausiyah pertemuan bersama kader PKS di Aula DPD PKS Palembang, beberapa minggu sebelumnya:


Inilah surat yang ditujukan untuk mujahidin ...yang meyakini hidup bersama dakwah ini. Aku persembahkan kalimat/pelajaran yang tak perlu dihapal, tetapi harus direalisasikan. Hindari pekerjaan yang mungkar darimu sehingga orang lain bisa turut...


Alquran & sunah sebagai rujukan, dipahami dengan kaidah bahasa Arab sehingga tidak diartikan serampangan. Perbedaan fiqih, jangan menjadikan perbedaan sebagai sebab perpecahan. Jangan pula menyebarkan kebencian (ujaran kebencian) karena merasa paling benar, paling nyunnah, paling salaf. Intinya: menyatukan yang pecah, mendekatkan yang jauh, merapatkan yang dekat...
Pertanyaan: Adakah batas at-tadhiyah/pengorbanan?


Jika pengorbanan boleh memilih antara: waktu, tenaga, harta atau pemikiran, maka kita akan memilih salah satunya. Padahal Allah menyampaikan dalam surah Al-Kautsar: ...fasollilirobbika wanhar...


...Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah... Bukan sholatlah kamu atau berkurbanlah.

PKS Palembang @pks_palembang

2 Shafar - Ahad (22/10) Maghrib 17:54 Isya 19:04 Subuh 04:23 Zuhur 11:48 Ashar 15:02 ↪ untuk sekitar Palembang https://t.co/ZfHj1e3pGj
1 Shafar - Sabtu (21/10) Maghrib 17:54 Isya 19:04 Subuh 04:23 Zuhur 11:48 Ashar 15:02 ↪ untuk sekitar Palembang https://t.co/2KwOQ1BQYV