B Berita

img

Berkhidmat, Tak Sekadar Kegiatan Biasa Tapi Pembelajaran

, Berita

Padat sekali rangkaian acara dalam milad Partai Keadilan Sejahtera ke-19 di Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang, apalagi bagi kader yang menjadi panitia acara. Mulai dari rencana penyelenggaraan agenda Rapat Koordinasi Daerah, lalu disusul Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) sekaligus milad.

Rapat-rapat agenda dilakukan, hingga menjelang pelaksanaan, tak hanya pertemuan langsung, namun juga via pesan singkat. Hampir tiap hari kesibukkan terdengar melalui notifikasi di ponsel. Bahkan salah satu kader kehilangan motor saat ditinggal memasang bendera.

Rakorwil yang diadakan di Hotel Emilia, Sabtu (22/4) siang dibuka oleh Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman. Kemenangan calon gubernur PKS di Pilkada DKI harus bisa mendorong kemenangan serupa hingga ke daerah. Bakal calon gubernur Sumsel seperti Susno Duadji, Herman Deru, Aswari Rivai termasuk Wakil Gubernur Ishak Mekki turut hadir.

Ahad (23/4) peserta menyimak sejarah berdirinya PKS di Sumsel oleh KH Tol’at Wafa Ahmad. Dilanjutkan dengan Leader’s Talk bersama pengamat politik Ardian Saptawan, Pengurus NU dan dosen UIN Raden Fatah Prof Amin Suyitno, Pimpinan media Subki Sarnawi, dan budayawan Yai Ibet atau Kamsul yang terkenal  dengan lagu Ya Saman. Mereka memberikan masukkan juga kritik tentang PKS.

Seluruh Dewan Pengurus Daerah PKS berkomitmen untuk melaksanakan program kerja selama setahun ke depan. Program kerja yang nantinya dirancang diharapkan oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah PKS Sumsel Erza Saladin semakin banyak berkhidmat serta melibatkan masyarakat umum.

Tentu tak akan bisa memuaskan seluruh orang, namun setidaknya berusaha merangkul sebanyak mungkin lapisan masyarakat. Tak hanya mengadakan kegiatan yang sudah biasa tetapi memberi edukasi atau pembelajaran dan teladan.

Maka banyak sekali lomba yang digelar untuk memeriahkan acara, mulai dari anak-anak, olahraga antar pelajar, ibu-ibu pengajian majelis taklim, band anak muda, seminar kecantikan. Juga pelayanan kesehatan dan sembako murah yang digelar di tiga titik, yaitu Plaju, Bukit Baru dan Talang Kelapa oleh Ketua DPD PKS Palembang Muhammad Ridwan.

Dengan berbagai lomba yang sudah diadakan, kita ingin mengajak masyarakat terbiasa berkompetisi, mencari yang terbaik melalui serangkaian proses dan seleksi oleh aturan dan penilaian dewan juri. Jika aturan mainnya sudah disepakati, maka jangan ada lagi pihak yang merasa dikalahkan apalagi merasa lebih benar dari yang lain.

Kegiatan yang ditunggu-tunggu adalah jalan sehat berhadiah umroh, Ahad (30/4) sekaligus puncak acara milad PKS ke-19. Acara yang dimulai lewat pukul 07.00 dibuka oleh Walikota Harnojoyo, bahkan hadiah utama yang sebelumnya hanya satu ditambah jadi dua. Para bakal calon gubernur dan walikota turut memberi hadiah hingga puluhan item.

Di lokasi acara berdiri stan bazar dan pendidikan, tenda penerimaan anggota baru PKS, pelayanan kesehatan serta donor darah.

Rute yang ditempuh oleh sekitar 7.000 peserta mencapai 4,8 kilometer, bahkan ada yang menduga, “Kayaknya 10 kilometer, deh!” katanya. Semakin siang rute yang ditempuh semakin sulit dan panas, karena tak ada car free day. Banyak anak-anak dan orang tua yang beristirahat di pinggir jalan atau berbelanja ke minimarket sepanjang jalan. Waktu tempuh dari start hingga finish ke halaman DPRD Provinsi Sumsel mencapai satu jam 40 menit.

Bagi keluarga yang terbiasa jalan pagi sambil membawa bekal sendiri setiap minggu pagi di Kambang Iwak, rute sekitar satu kilometer sudah lumayan. Tetapi yang perlu diajarkan berulang-ulang kepada masyarakat kita adalah kebiasaan membuang sampah sembarangan. Padahal Walikota sudah mengingatkan untuk tidak melakukannya atau menganggap akan ada petugas yang membersihkannya.

Seluruh pemenang lomba telah diumumkan, bahkan ketua DPD PKS Palembang terlebih dahulu mengatakan bahwa tidak ada rekayasa siapa yang menang. Kita mencoba untuk transparan dan mengutamakan kejujuran. Menang tapi curang tidak ada dalam kamus PKS. Agenda terakhir pada Ahad, 7 Mei nanti adalah Zikir Akbar.

PKS Palembang @pks_palembang

29 Safar - Sabtu (18/11) Maghrib 17:56 Isya 19:09 Subuh 04:19 Zuhur 11:48 Ashar 15:11 ↪ untuk sekitar Palembang 🇮🇩 https://t.co/KI5RUz2a0m
28 Safar - Jumat (17/11) Maghrib 17:56 Isya 19:09 Subuh 04:19 Zuhur 11:48 Ashar 15:11 ↪ untuk sekitar Palembang 🇮🇩 https://t.co/QQDQk2Sypd