K Kajian Utama

img

Update-nya Panitia Kurban Online PKS Kalidoni

, Kajian Utama

Paling riuh bunyi notifikasi pesan di WhatsApp grup kurban Dewan Pengurus Cabang Partai Keadilan Sejahtera Kalidoni, sebelum Idul Adha, Senin (12/9). Mulai dari update jumlah peserta kurban hingga rapat online panitia, hingga menjelang hari H terkumpul hewan kurban lima ekor sapi dan seekor kambing. Semua dipotong di halaman depan rumah Selamat Pujiono, lorong Mufakat RT 01 RW, 02 Sei Selincah.

Sedekah

Ketimbang membeli kue atau hidangan untuk Lebaran, kader lebih memilih arisan tahunan atau sumbangan untuk membeli hewan kurban. Misalnya untuk seekor sapi, dibutuhkan tujuh pekurban dengan biaya sekitar Rp 2,3 juta maka satu pekurban bisa dari satu kelompok Taklim Rutin Kader dengan sumbangan bisa terkumpul dari banyak orang lagi. Jadi, hampir tiap kader atau minimal kelompoknya ikut berpartisipasi.

Bagi struktur yang terbiasa dalam kepanitiaan, lebih mudah menyiapkan segala sesuatu terkait pelaksanaan pemotongan hingga hal-hal detil seperti perkiraan waktu selesai.

Sebaiknya waktu pelaksanaan penyembelihan segera dimulai usai shalat Ied, sekitar pukul 07:30 apabila dimulai pukul 09:00 maka untuk tiga ekor sapi dan empat kambing dengan tenaga sekitar 13 orang akan selesai pukul 14:00 siang.

Ada panitia yang dalam sehari mengikuti dua kegiatan pemotongan kurban, pagi di halaman Sekretariat Dewan Pengurus Wilayah PKS Sumatera Selatan, siangnya lanjut ke Dewan Pengurus Daerah PKS Kota Palembang, seperti Ketua DPC PKS Ilir Barat I Anang Suroso, bahkan ia yang membuka acara seremonial di DPW. Besoknya, Selasa (13/9) lanjut dengan pemotongan seekor sapi dan kambing di Tanjung Barangan.

Untuk pertama kalinya Idul Adha 1437 H, DPD PKS Palembang bisa melaksanakan kepanitiaan kurban di dekat sekretariat, Jalan Letnan Murod, Ilir Timur I.

Hadir Ketua PKS Kota Palembang Muhammad Ridwan, Sekretaris Umum Jumono, Bendahara Eka Erfanie, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palembang Anwar Al Syadat dan Anggota DPRD Provinsi Sumsel Imam Mansur.

Sepertinya pembagian daging kurban hingga malam, padahal usai Maghrib hujan deras mengguyur Palembang hingga selesai Isya. Laporan dari grup, salah satu rumah kader kebanjiran.

Bukan sapi jinak

Menjelang petang, ada empat ekor sapi dan tiga ekor domba yang dipotong. Jika di DPW lebih banyak warga yang melihat-lihat sambil meminta jatah daging kurban, di DPD nampak lebih ramai karena dihadiri anak-anak dan warga yang ingin melihat penyembelihan hewan kurban.

Sapi kurban yang didatangkan dari Martapura, Ogan Komering Ulu ini benar-benar perkasa, selain sulit dijatuhkan oleh beberapa orang, sempat seekor sapi yang sudah dipotong oleh Ketua DPW PKS Sumsel Erza Saladin, bangkit kembali usai disembelih. Subhanallah... [ADC]

 

More Related Stories

PKS Palembang @pks_palembang

29 Safar - Sabtu (18/11) Maghrib 17:56 Isya 19:09 Subuh 04:19 Zuhur 11:48 Ashar 15:11 ↪ untuk sekitar Palembang 🇮🇩 https://t.co/KI5RUz2a0m
28 Safar - Jumat (17/11) Maghrib 17:56 Isya 19:09 Subuh 04:19 Zuhur 11:48 Ashar 15:11 ↪ untuk sekitar Palembang 🇮🇩 https://t.co/QQDQk2Sypd